Sambut Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua dengan Ceria

Anggota Kogabwilhan III yang telah melaksanakanan Vaksinasi Covid-19 pada dosis pertama,  pagi ini melaksanakan Vaksinasi dosis kedua dengan suasana ceria, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Cipayung  Jakarta Timur. Rabu (17/3/2021).

Vaksinasi kali ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan vaksinasi dosis pertama yang telah dilaksanakan pada hari Rabu (3/3/2021).  Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis kedua ini juga dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, setiap peserta harus memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer.

Salah satu anggota Kogabwilhan III ketika ditanya tentang pelaksanaan vaksinasi dosis kedua ini menyatakan antusias dan dengan senang hati melakukannya. “Vaksinasi ini selain mendukung program pemerintah untuk menghentikan penyebaran Covid-19, juga untuk kita sendiri, maka tidak perlu ragu untuk kesehatan kita”, kata salah seorang perwira yang tidak mau disebut namanya.

Pentahapan pelaksanaan vaksinasi dosis kedua ini juga sama, sebagaimana yang dilaksanakan pada vaksinasi dosis pertama, yaitu:

Pertama, penerima vaksin Covid-19 mendaftarkan diri, petugas memverifikasi data diri penerima vaksin, lalu screening anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana.

Kedua, penerima vaksin dicek tekanan darah dan suhu tubuhnya.

Ketiga, peserta disuntikkan vaksin Covid-19 oleh vaksinator dari tim kesehatan Pusat Kesehatan (Puskes) TNI.

Keempat, peserta yang sudah divaksinasi akan kembali dicatat dan harus menunggu selama 30 menit untuk mengantisipasi apabila ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Setelah melalui semua tahapan, para peserta diberikan kartu vaksinasi berupa manual dan atau elektronik. Selama kegiatan vaksinasi, para penerima vaksin diingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.