Rakorgab Koops TNI Jajaran Kogabwilhan III

Timika, Penkogab3 – Rapat Koordinasi Gabungan (Rakorgab) Komando Operasi (Koops) TNI jajaran Kogabwilhan III pagi ini telah dibuka oleh Pangkogabwilhan III Letjen TNI Agus Rohman S.I.P., M.I.P, bertempat di Rimba Papua Hotel Mimika Papua. Selasa (30/3/2021).

Rakorgab Koops TNI akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 30 Maret s.d 1 April 2021, dengan materi Bidang Intelijen, Bidang Operasi dan Bidang Teritorial atau Potensi Wilayah (Potwil), dengan Tema ”Satukan kekuatan untuk meraih sukses demi terwujudnya daerah yang menjadi tanggung jawab Kogabwilhan III yang aman dan sejahtera dalam Bingkai NKRI”

Dalam sambutannya Pangkogabwilhan III menyampaikan bahwa Kogabwilhan III merupakan satuan baru namun dengan tuntunan tugas dan tanggung jawab yang kompleks dalam melaksanakan tugas pokok sebagai Komando Utama Operasi (Kotamaops) TNI yang berada langsung di bawah Panglima TNI. Kogabwilhan III bertugas sebagai penindak awal bila terjadi konflik di wilayah, baik untuk tugas  OMP maupun OMSP dan sebagai kekuatan penangkal bila terjadi ancaman dari luar serta sebagai pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan di wilayah Kogabwilhan III.

“Saya memandang penting diadakannya Rakor ini, sebagai Forum Ikatan Komando dan Kendali antara Kogabwilhan III dengan Kotamaops TNI yang berada di bawahnya, dalam lingkup Penggunaan Kekuatan TNI agar tercipta Interoperabiliti,” kata perwira bintang tiga yang sebelumnya menjabat Pangdam XVI/Ptm tersebut.

Lebih lanjut Pangkogabwilhan III menyatakan, bahwa wilayah tugas Kogabwilhan III memiliki kerawanan-kerawanan aspek darat, laut dan udara. Mencermati  kerawanan tersebut, diperlukan keterpaduan dan saling mendukung fungsi intelijen, operasi dan teritorial dalam pelaksanaan tugas  guna mewujudkan keberhasilan tugas operasional unsur-unsur satuan TNI di wilayah Kogabwilhan III.

“Masing-masing bagian dalam rangka meraih sukses, perlu satukan kekuatan, bukan sekedar di bidang lahir karena keberhasilan tidak luput dari adanya campur tangan Tuhan melalui kita berdoa, bermohon kepadaNya agar apa yang kita harapkan dapat berhasil dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut tidak kurang dari 60 orang, terdiri para Pangkotamaops jajaran Kogabwilhan III, beserta pejabat intelijen, pejabat operasi dan pejabat teritorial atau potwil tiap-tiap Kotamaops dan personel Kogabwilhan III lainnya.