Panglima TNI Berikan Bantuan Generator Oksigen kepada Pemda Kab.Jayawijaya, diwakili oleh Pangkogabwilhan III

Wamena, Penkogab3– Dalam upaya turut membantu percepatan Penanganan Covid-19, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memberikan bantuan Generator Oksigen kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayawijaya. Bantuan tersebut diserahkan oleh Pangkogabwilhan III Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin yang mewakili Panglima TNI kepada Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, S.H., M.Si., bertempat di Halaman Kantor Bupati Jayawijaya Papua. Kamis (2/8/2021).

Dalam sambutannya, Pangkogabwilhan III mengatakan bahwa pandemi Covid19 sampai saat ini belum berakhir dan pada banyak kasus penanganan perawatan pasien sangat memerlukan ketersediaan oksigen, sementara oksigen pada masa tertentu mengalami kekurangan stok. Adapun pasien covid-19 dengan status gejala berat membutuhkan ventilator atau alat bantu pernapasan untuk mensuplai oksigen ke tubuh mereka.

Lebih lanjut dikatakan Pangkogabwilhan III, untuk menghadapi peningkatan kasus Covid-19 dibutuhkan kesiapan fasilitas medis yang memadai, salah satunya berupa alat bantu pernapasan. Adapun metode lama yang mengandalkan pengiriman tabung gas oksigen atau liquid oksigen saat ini tidak efektif lagi, karena kekurangan atau kelangkaan oksigen dapat saja terjadi yang disebabkan produksi dari tabung oksigen sudah maksimal, namun kebutuhan oksigen masih belum tercukupi, maka Generator Oksigen adalah solusi tepat bagi rumah sakit untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
“ Generator Oksigen adalah solusi tepat bagi rumah sakit untuk dapat memenuhi kebutuhan oksigen. Kemampuan mesin Generator Oksigen untuk memproduksi oksigen di tempat (di rumah sakit) dapat menjamin oksigen akan terus ada pada saat dibutuhkan oleh pasien,” kata Pangkogabwilhan III.

” Panglima TNI tergerak untuk turut membantu mencarikan solusi agar penanganan Covid-19 dapat dilaksanakan secara optimal, khususnya di wilayah Kabupaten Jayawijaya,” lanjutnya.

Sementara itu Bupati Jayawijaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena hanya memiliki satu Generator Oksigen, sehingga belum mencukupi untuk melayani pasien yang ada di wilayah Jayawijaya. Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Panglima TNI dan donatur lainnya atas bantuan mesin Generator Oksigen tersebut.

“Saat ini RSUD Wamena memiliki satu Generator Oksigen yang selama ini dioperasikan dua puluh empat jam untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 maupun pasien gejala berat lainnya, sehingga dikhawatirkan hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada alat tersebut. Bantuan alat Generator Oksigen saat ini sangat membantu RSUD Wamena untuk mensuplai oksigen terutama bagi pasien Covid-19 yang,” kata Bupati.

“Pemerintah dan seluruh masyarakat Jayawijaya mengucapkan terimakasih tak terhingga atas segala perhatian dari Panglima TNI beserta donatur lainnya kepada Kabupaten Jayawijaya,” pungkasnya.

Dari Pemerintahan Provinsi Papua, Gubernur Papua yang diwakili oleh Asisten I Setda Prov. Papua Doren Wakerwa, S.H., dan didampingi Ketua Harian Satgas Penanganan Covid Prov. Papua Welliam R. Manderi, sangat mengapresiasi dan menaruh hormat serta mengucapkan terimakasih kepada Panglima TNI atas bantuan mesin Generator Oksigen yang diberikan kapada Pemda Kabupaten Jayawijaya tersebut.

“Atas nama Gubernur saya mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan Generator Oksigen dari Panglima TNI yang diberikan di Wamena, terimaksih banyak atas perhatian kepada Papua dalam hal ini membantu oksigen di Wamena dan bantuan ini dapat menangani Covid-19 yang terjadi di wilayah pegunungan, atas nama Gubernur, atas nama masyarakat Papua sekali lagi terimaksih banyak,” pungkas Doren Wakerwa.

Pangkogabwilhan III menambahkan bahwa bahwa bantuan Generator Oksigen tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI dan komponen lainnya dalam upaya penanganan Covid-19.

“Dengan bantuan Generator Oksigen ini merupakan bentuk kepedulian TNI guna meminimalisir dan upaya percepatan penanganan Covid-19, karena dengan adanya Covid ini menjadikan kekurangan tabung oksigen, makanya dengan kita datangkan Generator Oksigen ini diharapkan dapat membantu dalam proses penanganan covid -19,” pungkas Pangkogabwilhan III.