Pangkogabwilhan III Terima Kunjungan Athan Amerika Serikat

Jakarta, Penkogab3 – Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) menerima kunjungan Atase Pertahanan (Athan) Amerika Serikat, Kolonel Theodore Liebriech beserta rombongan, bertempat di Kantor Makogabwilhan III Kompleks Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (10/5/2022).

Pada kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan III menyampaikan bahwa sejarah perjalanan hubungan Kerjasama TNI (AD, AL, AU) – Arm Force US sudah sangat lama dan sudah banyak program kerjasama yang dilaksanakan namun dengan keberadaan Organisasi Kogabwilhan III masih belum ada, sehingga kedatangan Kolonel Theodore Liebriech (yang lebih akrab dipanggil Leo) menjadi momentum untuk mendorong Kerjasama Kedua Angkatan Bersenjata khususnya Indo Pacom – Kogabwilhan III dalam rangka menjaga warga negara di kedua negara dan menjaga kepentingan kedua negara untuk mencapai tujuan bersama.

“Indikator hubungan antar negara dianggap berjalan sangat baik bila telah ada kerjasama G to G baik mulai kerjasama program pendidikan, kerjasama ekonomi dan kerjasama militer,” ujar Letjen Cantiasa.

“Hubungan yang sudah ada ini merupakan langkah awal guna terus meningkatkan dan memperkuat hubungan bilateral dalam rangka untuk meningkatkan profesisonalisme menjaga negara kita masing-masing,” lanjutnya.

Pangkogabwilhan III juga menjelaskan bahwa Tugas Pokok Kogabwilhan itu langsung di bawah Panglima TNI, untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan, mulai menjaga wilayah Darat, Laut dan Udara sampai dengan penindakan terhadap ancaman baik OMP/OMSP dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI.

“Dengan tuntutan Tugas Pokok tersebut, sehingga peningkatan profesionalisme dan kualitas prajurit TNI melalui program Kerma Militer perlu dilakukan,” pungkasnya. Di akhir pertemuan dilaksanakan penyerahan cendramata dan foto bersama.