Satgas TNI Organik Yonif Raider 301/PKS Hidupkan Belajar-Mengajar Bantu Wujudkan Cita-Cita Anak Papua

Puncak Jaya, Penkogab3 – Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS, Posramil Kalome membantu menjadi Tenaga pendidik dan membagikan alat tulis kepada murid SDN 1 Kalome Kp. Agape Distrik Kalome Kab. Puncak Jaya, Rabu (11/05/2022)

Pada kesempatan tersebut, Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS. Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H, M.I.P mengatakan Kehadirannya beserta seluruh anggota di tanah Papua ini untuk mendukung Tugas Pokok Korem 173/Praja Vira Braja. Salah satu tugas pokoknya adalah melaksanakan tugas-tugas Kodim dan Koramil dengan melakukan Pembinaan Teritorial dan Komunikasi Sosial terhadap masyarakat di wilayah Papua.

“Sesuai dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua. Program kegiatan belajar mengajar ini kami rencanakan dan kami laksanakan untuk meningkatkan pendidikan generasi penerus bangsa, mengembangkan kemampuan, membangun watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka pencerdasan kehidupan bangsa serta meningkatkan kualitas Pendidikan,” ujar Dansatgas. 

Letkol Syarifuddin mengungkap ragam masalah pendidikan di sekitaran Pos penugasan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS, seperti keterbatasan tenaga pendidik termasuk minimnya sarana dan prasarana, dampak dari konflik sosial pada siswa, sehingga sudah beberapa tahun tidak aktif dalam proses belajar mengajar.

“Sebagai wujud kepedulian dan rasa cinta kami terhadap masyarakat dan anak anak Papua, maka Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS, Posramil Kalome mengaktifkan kembali proses belajar mengajar, untuk meningkatkan pengetahuan anak anak, agar dapat mengenyam pendidikan yang layak meskipun dengan kondisi yang terbatas,” terangnya.

Materi pelajaran yang diberikan meliputi Pelajaran Matematika (Berhitung), materi Bahasa Indonesia membaca huruf Abjad dan Menyanyikan lagu-lagu Nasional. Selain sebagai tenaga pengajar, pada kesempatan tersebut juga dibagikan kelengkapan sekolah berupa Buku tulis, Pensil, Serut/Rautan, Kapur tulis, serta membagikan Gula gula/ Permen untuk memberi motivasi anak-anak dalam proses belajar mengajar.

Bapak Jalakok Kiwo (37) yang merupakan guru (Bpk Gembala) di SDN 1 Kalome beserta Orang tua dari siswa siswi murid SDN 1 Kalome, mengucapkan terima kasih kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS.

“Terimakasih untuk bapak-bapak TNI yang telah membantu serta peduli untuk menghidupkan kembali aktivitas belajar mengajar di sekolah kami. Kinaonak waa..waa..waa..(Terima kasih banyak),” ungkapnya.