Barter, Tradisi Unik Masyarakat Tinggi Nambut Kepada Satgas TNI Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS

Puncak Jaya, Penkogab3 – Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS melaksanakan Barter dengan masyarakat yang berada di sekitaran Kp. Tinggi Nambut Distrik Tinggi Nambut Kab. Puncak Jaya. Kamis (26/05/2022).

Dalam membantu menjalankan perekonomian masyarakat yang ada di Distrik Tinggi Nambut, yang pada umumnya bekerja di kebun atau ladang, dengan menanam sayuran-sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian yang. Hasil pertanian tersebut sebagian besar dijadikan sebagai sumber bahan makanan pokok sehari-hari untuk dikonsumsi, sebagian lagi biasanya dijual di pasar tradisional atau ditukar kepada Posramil melalui sistem barter.

Hal menarik yang terjadi dan sudah menjadi tradisi masyarakat Distrik Tinggi Nambut dengan cara tukar menukar hasil bumi berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian melalui mama-mama yang datang ke Posramil Tinggi Nambut.

‘’Tukar menukar barang yang sudah menjadi rutinitas pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan ditukar dengan beras, Mie Instant atau Bumbu Dapur,’’jelas Dansatgas Satuan Organik Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany, S.H., M.I.P.

‘’Kegiatan tukar menukar hasil kebun dengan bahan makanan pokok dengan Posramil selama ini sangat berarti dan menimbulkan hubungan kekeluargaan yang erat, sehingga menghasilkan hubungan saling menguntungkan,” ungkap Danposramil Tinggi Nambut Kapten Inf Hendi Solehman Sambuaga.

Ibu Theresa, salah satu masyarakat yang biasa datang untuk menukar sayur-sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian, merasa berterikasih dengan Satgas TNI yanga ada di Tinggi Nambut.

‘’Kami biasa menukar sayur-sayuran, buah-buahan serta umbi-umbian kepada bapak tentara, karena dengan cara ini kami bisa memperoleh bahan makanan yang kami butuhkan untuk kami konsumsi sehari hari. Terimakasih kepada bapak tentara yang selama ini baik kepada Kami,” ujarnya.