Pangkogabwilhan III Terima Kunker Diplomat Selandia Baru dan Staf Kementerian Luar Negeri RI di Timika

Timika, Penkogab3 – Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr (Han) menerima kunjungan 3 (tiga) orang Diplomatik Negara Selandia Baru dan 2 Staf Kementerian Luar Negeri RI dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Mimika, Senin (13/2/23).

Dalam pertemuan tersebut, Pangkogabwilhan III, Para Pejabat Diplomat Selandia Baru dan 2 Staf Kementerian Luar Negeri RI membahas perkembangan penanganan pencarian terhadap Capt. Phillip Mark Mehrtens pilot Pesawat Susi Air yang diduga disandera oleh Kelompok KKB pada tanggal 07 Februari 2023 di Daerah Paro, Kabupaten Nduga.

Tak hanya itu, para pejabat tersebut meninjau Jalur Evakuasi Kesiapan Rumah Sakit di Kabupaten Mimika sebagai pelayanan Penanganan Intensif apabila dilakukan evakuasi nantinya.

Adapun Para Diplomatik tersebut Mr. Brendan Andrew Stanbury selaku Deputy Head (Misi Diplomatik Selandia Baru untuk Asean), Mr. Patrick John Fitzgibbon selaku Sekretaris II (Politik) Kedutaan Besar Selandia Baru dan Mr Alexander Mcsporran selaku Sekretaris II Kedutaan Besar Selandia Baru, serta dari Staf Menlu RI Bapak Dionisius Elvan Swasono dan Nicolas Hendrik Theodorus

Pada kesempatan tersebut, Para Pejabat Diplomat juga menawarkan bantuan apabila ada yang diperlukan saat melakukan pencarian dan evakuasi Pilot Susi Air yang saat ini sedang dalam pencarian oleh Aparat Gabungan TNI Polri. Sekaligus menyampaikan harapannya Pilot Capt. Philip Mark Mehrtens dapat ditemukan dalam keadaan aman dan selamat.

“Kita juga minta dukungan Internasional untuk membicarakan kepada Komisionir Tinggi Dewan HAM Internasional terkait masalah tersebut diatas,” tegas Pangkogabwilhan III.