Anggota Kogabwilhan III, Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Jakarta, Penkogab3 – Anggota Kogabwilhan III  pagi ini melaksanakan Vaksinasi Covid-19 di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Cipayung  Jakarta Timur. Rabu (3/3/2021).

Vaksinasi untuk anggota Kogabwilhan III kali ini menindaklanjuti perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, agar seluruh anggota TNI turut mendukung pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19. Vaksinasi sebelumnya di Mabes TNI didahului oleh para Pejabat Teras  di lingkungan Mabes TNI dan Ketua Umum Dharma Pertiwi beserta para pengurus, yang dilaksanakan pada tahap pertama Kamis, 4 Februari 2021 dan  dilanjutkan vaksinasi lanjutan pada Kamis, 18 Februari 2020, bertempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. 

Panglima TNI telah  mengingatkan seluruh prajurit dan masyarakat agar turut serta mensukseskan program vaksinasi Covid-19 yang sudah diinisiasi pemerintah. Panglima TNI berharap prajurit dan masyarakat yang turut menjadi peserta vaksinasi bisa terhindar dari paparan Covid-19.

“Saya juga berharap kepada seluruh prajurit TNI dan masyarakat untuk juga mengikuti dan menyukseskan program vaksinasi untuk masyarakat Indonesia agar kita segera terlepas dari bahaya pandemi Covid-19”, kata Panglima TNI.

Vaksinasi hari ini merupakan pelaksanaan tahap kedua, sesuai jadwal yang telah dibuat oleh Pusat Kesehatan (Puskes) TNI untuk satker jajaran Mabes TNI, yang dimulai Senin, 1 Maret 2021 dan terakhir tanggal 8 Maret 2021. Pada kesempatan ini Waaspers Kaskogabwilhan III  Kolonel Adm Drs. Sudarmono menyampaikan bahwa vaksinasi anggota Kogabwilhan III ini dilakukan dalam rangka melaksanakan perintah atasan agar anggota Kogabwilhan III terhindar dari Covid-19.

“Kita lakukan vaksinasi sesuai perintah pimpinan serta agar seluruhnya terbebas dari bahaya Covid-19,” ujarnya

Waaspers juga menyampaikan untuk anggota yang belum melaksanakan vaksinasi hari ini karena dinas dan tugas lainnya, akan dilayani pada hari berikutnya di atas jam 12.00, karena waktu paginya diperuntukkan satker sesuai jadwal yang telah dibuat Puskes TNI.

“Untuk anggota yang belum melaksanakan vaksinasi hari ini akan dilayani pada hari berikutnya di atas jam dua belas,” lanjutnya.

Selanjutnya Waaspers mengatakan bahwa personel yang melaksanakan vaksinasi ini adalah seluruh personel Kogabwilhan III yang berpangkat kolonel ke bawah.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi ini diikuti oleh seluruh personel Kogabwilhan III pangkat kolonel ke bawah karena para pati sudah melaksanakan,” pungkasnya.

Ada empat tahapan yang dilalui peserta saat menerima Vaksin Covid-19, yaitu:

Pertama, penerima Vaksin Covid-19 mendaftarkan diri, petugas memverifikasi data diri penerima vaksin, lalu screening anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana.

Kedua, penerima vaksin dicek tekanan darah dan suhu tubuhnya.

Ketiga, peserta disuntikkan Vaksin Covid-19 oleh vaksinator dari tim kesehatan Pusat Kesehatan (Puskes) TNI.

Keempat, peserta yang sudah divaksinasi akan kembali dicatat dan harus menunggu selama 30 menit untuk mengantisipasi apabila ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Setelah melalui semua tahap, para peserta diberikan kartu vaksinasi berupa manual dan atau elektronik. Selama kegiatan vaksinasi, para penerima vaksin diingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Untuk vaksinasi lanjutan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2021 di tempat yang sama. Hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut, selain Waaspers juga para Wakil Asisten Kaskogabwilhan III dan perwira beserta anggota Kogabwilhan III lainnya.