Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021

Jakarta, Penkogab3 – Wakil Asisten Potensi Wilayah (Waaspotwil) Kaskogabwilhan III Kolonel Laut (S) Tatang CHRMP didampingi Pabandya 1/Gulben Paban II/Bakti TNI Spotwil Kogabwilhan III Mayor Laut (T) Yohanes,S.T., mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) melalui Zoom Meeting bertempat di Ruang Spotwil Kogabwilhan III Kompleks Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur. Senin (3/3/2021)

Rakornas PB 2021 dengan tema “Tangguh Menghadapi Bencana” diselenggarakan oleh BNPB selama 5 hari, dimulai pada 3 – 5 Maret 2021 dan dilanjutkan 8 – 9 Maret 2021. Penyelenggaraan Rakornas PB dilakukan secara virtual di masa pandemi Covid-19 dan dapat diakses melalui kanal media sosial BNPB.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka secara resmi acara “Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2021 pada hari Rabu (3/3) di Istana Negara, Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyerukan penguatan koordinasi dan sinergi berbagai pihak dalam menghadapi bencana saat menggelar acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2021.  

“Jika harus ada kata berulang yang harus kita ingat maka itu adalah kolaborasi pentahelix,” tutur Doni Monardo.

Selain itu, Doni Monardo juga mengajak seluruh pihak untuk selalu mengingat pesan Presiden Republik Indonesia dalam upaya mitigasi bencana.

“Pada Rakornas tahun ini bapak presiden kembali menekankan pentingnya mitigasi dan pencegahan. Kalimat bapak presiden yang masih terus terngiang dalam menyikapi bencana adalah pentingnya aspek pencegahan dan mitigasi bencana,” ucap Doni Monardo.

“Presiden juga mengingatkan kita untuk membuat langkah antisipasi dengan baik. Dan yang tak kalah penting, kebijakan pusat dan daerah harus sensitif terhadap kerawanan bencana,” sebutnya.