“Hampir Tidak Bisa Diungkapkan Dengan Kata-Kata Pak, Banyak Kenangan, Saya Sangat Terkesan Dengan Pelaksanaan PKL di Kogabwilhan III ini,” Kata Salah Satu Siswa SMK IMI

Jakarta, Penkogab3 – Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan Insan Mulia Multimedia (SMK IMI) Jln. Pinang  Cipayung Jakarta Timur di Staf Penerangan Kogabwilhan III telah berakhir, yang ditandai dengan Acara Serah Terima Siswa PKL dari SMK IMI yang dilanjutkan oleh SMKN 58 dan SMK Prestasi Prima, dipimpin oleh Letkol Inf Nuryakin, S.Sos yang mewakili Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi GN. Suriastawa, bertempat di Lapangan Apel Kogabwilhan III Komplek Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (3/1/2023).

PKL dari SMK IMI ini merupakan pelaksanaan PKL yang pertama di Kogabwilhan III, yang dilaksanakan selama Tiga bulan dari tanggal 10 Oktober 2022 sampai pagi ini, tanggal 4 Januari 2023.

Dalam Acara Penjemputan tersebut, Nuryakin mengingatkan kepada seluruh Siswa yang telah selesai melaksanakan PKL agar tetap memelihara kemampuan yang sudah dimilikinya dan berpesan kepada Guru pendamping dari SMK IMI agar memonitor pelaksanaannya.

“Kalian sudah punya bekal kemampuan secara teknis, jangan sampai hilang skil tersebut, maka kalian harus tetap rajin belajar dan berlatih setelah selesai PKL ini, dan kepada Guru pendamping sekolah saya berharap bisa memonitornya,” harap Nuryakin.

“Kemampuan yang telah kalian miliki ini merupakan modal kalian dalam mengarungi persaingan di dunia kerja kelak, karena keberhasilan dan kesuksesan itu, lebih banyak ditentukan oleh diri sendiri,” lanjutnya.

Sementara itu, Hasna Zafirah, S.Pd selaku Guru Pendamping dari SMK IMI mengucapkan terima kasih kepada pihak Kogabwilhan III yang telah menyediakan tempat dan waktu untuk pelaksanaan PKL.

“Kami mewakili Sekolah dari SMK IMI menyampaikan terima kasih kepada Kogabwilhan III karena turut mendidik anak kami, sehingga meningkat keahlian dan sikap kepribadian anak didik kami, dan apabila selama pelaksanaan PKL ada hal-hal yang kurang berkenan dari anak didik kami, kami menyampaikan permohonan maaf,” tutur Hasna.

Pelaksanaan PKL di Kogabwilhan III ini telah memberi kesan yang mendalam bagi Siswa SMK IMI karena ada pembelajaran yang selama ini belum mereka rasakan.

“Hampir tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata pak, banyak kenangan, saya sangat terkesan dengan pelaksanaan PKL di Kogabwilhan III ini, saya dulu kurang semangat di Jurusan Multi Media ini tapi semenjak PKL disini saya merasa mantap dan semakin punya kepercayaan diri,” ungkap Royhan yang sebelumnya berharap masuk di Jurusan Otomotif menjawab dengan ekpresi sedih ketika ditanya terkait dengan berakhirnya PKL.

“Banyak pembelajaran yang kami terima, selain tambah Percaya Diri, saya juga terkesan dengan penerapan kedisiplinannya, hal-hal yang selama ini dianggap kecil seperti kedisiplinan, kebersihan ruangan dan juga kewajiban sholat sangat ditekankan, jangankan tidak sholat Dhuhur dan Asyar, lupa tidak tanda tangan saja setelah Sholat, dingatkan dengan tindakan hukuman, sehingga kami gak lupa,” kata Citra satu-satunya cewek dari 12 peserta PKL SMK IMI.

“Kemampuan kami lebih tereksplore pak, dan semakin berani untuk tampil dengan kemampuan yang saya miliki,” tambah Ikbal.