Pasukan Elite TNI Buru Penembak Brimob di Kiwirok Papua

Pegunungan Bintang Papua, Penkogab3 – Pasukan Elite Yonif Para Raider 431/Satria Setia Perkasa (SSP) akan membantu Satgas Damai Cartenz (dulu Satgas Ops Nemangkawi) memburu KKB Lamek Taplo penembak Bharatu Bachtiar Yuniwandaru anggota Belukar Brimob.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengatakan, Satuan Para Raider 431/SSP Kostrad ini memang telah bertugas di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua. Senin (17/1/2022).

“Ya Pasukan ini memang sudah ada di sana dan bertugas di Pos Kiwirok. Pasukan ini akan membantu untuk melakukan pengejaran terhadap KKB yang melakukan penembakan terhadap anggota Brimob,” kata Kolonel Aqsha.

Menurut Kapendam, situasi di Pegunungan Bintang saat ini telah kondusif. Pasukan TNI Polri tetap bersiaga untuk mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan.

Untuk diketahui bahwa pasukan Para Raider 431/SSP yang bermarkas di Kariango, Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu pasukan elite Divisi 3 Kostrad yang sudah berkualifikasi Para Raider. Pasukan ini bertugas di Papua sebagai Satuan Tugas Pamtas Mobile.

Sementara itu Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito mengatakan, kontak senjata dengan KKB terjadi menjelang penarikan Pasukan Satgas Ops Nemangkawi (Damai Cartenz) menuju Timika.

“Karena penyerangan ini aparat gabungan Damai Cartenz dan Satgas TNI berupaya melakukan pengejaran terhadap KKB pimpinan Lamek Taplo yang diduga melakukan penyerangan,” kata Kapolres.

“Seluruh personel, melakukan kesiapsiagaan dan Satgas Damai Cartenz akan melakukan penebalan pasukan di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua,” tandasnya.

Sebelumnya Bharatu Bachtiar Yuniwandaru anggota Belukar Brimob yang tergabung dalam Operasi Nemangkawi tertembak pada bagian punggung di bagian kiri usai kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Senin (17/1).