Hujan Tangis Masyarakat Lanny Jaya, Warnai Kepergian Satgas Yonif 412 Kostrad  

Lanny Jaya, Penkogab3 – Setelah satu tahun bertugas di wilayah Pegunungan Tengah Kabupaten Lanny Jaya Papua, akhirnya Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad jalani purna tugas. Pasukan Kostrad yang mempunyai sesanti Bharata Eka Sakti itu telah bergerak meninggalkan pedalaman Papua.

Sebelumnya, seluruh jajaran Pos Satgas Yonif MR 412 Kostrad yakni Pos Kotis Tiom, Pos Malagay, Pos Malagayneri, Pos Popome, Pos Balingga, Pos Tima dan Pos Pirime yang tersebar di beberapa Distrik di Kabupaten Lanny Jaya menggelar acara perpisahan bersama masyarakat Lanny Jaya, acara tersebut berlangsung haru dan diwarnai hujan tangis kesedihan, pada puncaknya kepergian Pasukan Tempur Kostrad itu dilepas dengan tangisan warga, Minggu (03/07/2022).

Demikian dikatakan Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy H., S.Sos., M.Si. dalam keterangannya.

Menurutnya, warga setempat terutama Mama-mama dan anak-anak memeluk erat Prajurit Tempur Kostrad saat berpamitan. Bukan tanpa alasan, kedekatan hubungan emosional yang sudah terbangun selama ini antara warga dengan para Prajurit Satgaslah yang menjadi alasan utama dalam acara perpisahan diwarnai hujan tangis haru.

Pada kesempatan yang sama, Usman Tjigwa, S.H. yang merupakan Sekretaris DPRD Kabupaten Lanny Jaya mengungkapkan rasa haru dan kesedihannya kepada Satgas Yonif MR 412 Kostrad karena akan pergi meninggalkan daerahnya.

“Pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat Lanny Jaya yang dilakukan oleh Satgas 412 Kostrad sungguh luar biasa. Oleh karenanya, dengan penuh keharuan dan kesedihan masyarakat melepas Adik-adik Satgas 412 Kostrad,” ungkap Usman Tjigwa.

Perlu diketahui bahwa selain mengemban misi keamanan Negara, selama setahun bertugas di Lanny Jaya Papua, banyak sekali kegiatan sosial kemanusiaan yang digelar para personel Satgas Yonif MR 412 Kostrad untuk masyarakat Lanny Jaya Papua.