Penuhi Kebutuhan Air Minum Masyarakat, Satgas Organik Yonif Raider 600/Modang Pos Agats Siapkan Air Minum Sehat Gratis.

Asmat, Penkogab3 – Ketersediaan akan air minum bersih di Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua masih dibilang terbatas. Pasalnya, Kota dengan julukan ‘Seribu Papan’ tersebut dibangun di atas rawa-rawa, sehingga masyarakat setempat hanya menyandarkan kebutuhan air pada ketersediaan air tadah hujan. Masyarakat yang secara ekonomi tergolong cukup, akan mengonsumsi air kemasan yang dipasok dari luar daerah, sementara masyarakat yang berekonomi lemah, pada umumnya mengonsumsi air tadahan hujan yang kurang memenuhi syarat dari Kesehatan, selain karena media yang digunakan untuk tadah hujan seperti seng yang sudah berkarat, juga karena penampungan air (Blong) yang sering dipenuhi endapan kotoran, namun pemerintah setempat terus berupaya untuk meningkatkan kebutuhan akan air bersih bagi masyarakatnya.

Melihat kesulitan masyarakat akan ketersediaan air minum sehat tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Organik Yonif Raider 600/Modang Pos Agats, Asmat, Papua, menghadirkan depot air minum sehat gratis bagi masyarakat setempat, bertempat di depan Pos Jl. Pemda, Agats, Asmat. Sabtu (30/7/2022).

Frans Demesir, salah satu warga Kabupaten Asmat warga komplek perumahan Sawa Erma, saat ditemui di depot air minum tersebut mengatakan, dirinya bersama warga lainnya sangat berterima kasih kepada Pos Agats Satgas Organik Yonif Raider 600/Modang, karena telah menyediakan air minum layak konsumsi ini karena kebutuhan akan air minum sehat bagi masyarakat masih terbatas, sehingga kehadiran depot air minum tersebut sangat membantu masyarakat akan kebutuhan air minum sehat ini.

“Setelah minum rasanya enak sekali, seperti Aqua, kami masyarakat ini sangat senang dan berterima kasih kepada bapak-bapak TNI di sini, karena sudah berikan kami air minum ini, setiap sore kami akan datang ambil air ini,” ungkap Frans.

Sementara itu, Wadan Satgas Organik Yonif Raider 600/Modang, Kapten Inf. Ganda Samosir saat ditemui di lokasi mengatakan bawa pihaknya membangun depot air minum ini baru tiga hari yang lalu dengan alat sterilisasi air minum tersebut didatangkan dari Kalimantan. Kelayakan air minum ini telah diberikan ijin oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat, dirinya menghimbau warga yang ingin mengambil air bisa datang ke depot air dengan membawa tempat air minum masing-masing dan akan dilayani oleh petugas di tempat.

“Tempat ini baru dibangun dua hari lalu, dan telah diberikan ijin oleh pihak Dinas Kesehatan, masyarakat yang ingin ambil air silahkan kemari bawa tempat masing-masing, kami akan melayaninya secara gratis tanpa biaya,” tandas Kapten Ganda Samosir.

Lebih lanjut dikatakan, air minum tersebut diolah dari air tadah hujan dengan menggunakan alat steril yang canggih, sehingga ketersediaannya masih terbatas tergantung curah hujan yang ada. Selama ini penampungan yang digunakan hanya satu unit bangunan bak air yang disediakan oleh pemerintah setempat, namun saat ini tambah satu penampungan yang dibuat oleh Pos Agats, air minum tersebut juga dikonsumsi oleh personel di Pos Agats ini.

“Air yang diolah adalah air tadah hujan, sehingga debitnya masih terbatas tergantung curah hujan, kami juga mengonsumsi air tersebut,” pungkas Kapten Ganda Samosir.