Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda, Koramil Oksibil Gandeng  Pemuda Gereja Sambangi SD YPPK Yapimakot

Oksibil, Penkogab3 – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang Ke 94 beragam kegiatan yang dilakukan, kali ini Koramil 1715-01/Oksibil bersama Pemuda/i Gereja GKO Gratia Deo menyambangi SD YPPK Yapimakot di Kampung Yapimakot, Distrik Serambakon, Kab. Pegunungan Bintang, Jum’at (29/10/2022).

Babinsa dan para pemuda gereja memberikan materi pengetahuan tentang Sumpah Pemuda kepada para siswa/i di sekolah tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan arti dan makna serta sejarah sumpah pemuda kepada generasi muda sejak usia dini.

 Sehingga mereka akan paham bahwa sumpah pemuda merupakan salah satu sejarah bangsa yang harus selalu diingat,” kata Danramil Kapten Cba Dwi Wawan.

Dikatakan, moment peringatan Sumpah Pemuda harus bisa dimaknai oleh calon penerus bangsa sejak dini, agar dalam hati mereka terpatri semangat perjuangan para pendahulu.

“Jika semangat itu berkobar dalam hati mereka, maka Papua ini akan damai, aman dan sejahtera karena kita memiliki pemimpin-pemimpin yang luar biasa,” tuturnya.

Keterlibatan pemuda gereja, kata Dwi, sebagai bentuk sinergi yang dilakukan oleh TNI dalam upaya bersama membangun Tanah Papua.

“Keterlibatan gereja dalam setiap kegiatan positif sangat perlu, sebab gereja merupakan salah satu tempat untuk membangun generasi muda Papua yang berkualitas. Kami berharap pemuda gereja ini juga mampu memanfaatkan momen sumpah pemuda ini sebagai ajang menunjukkan diri bahwa pemuda Papua bisa,” pungkasnya.

Kepala Sekolah SD YPPK Yapimakot, Albertus Ningdana, S.Ag., menyampaikan terima kasih kepada Koramil 1715-01/Oksibil dan Para pemuda/pemudi Gereja GKO Oksibil yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan materi di sekolah ini.

“Kami sangat berharap supaya pengenalan tentang hari sumpah pemuda lebih ditingkatkan supaya generasi- generasi sekarang dapat mengerti dengan hari sumpah pemuda. Kami juga sangat senang karena rombongan yang datang memberikan sedikit materi senam kesegaran jasmani kepada siswa/siswi disini untuk pertama kali karena selama ini belum ada pelajaran senam seperti yang di lakukan tadi, ” katanya.

“Kami juga sangat terbuka kepada siapa saja jika ke depan ada lagi kegiatan seperti ini, kami akan terima dengan senang hati, ” tambahnya.