Momen Peringatan HUT Ke-59, Korem 172/PWY Fokus Kembalikan Masyarakat Kiwirok

Jayapura, Penkogab3 – Korem 172/PWY menggelar perayaan peringatan Hari Ulang Tahun ke-59 bersama seluruh pemangku kepentingan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh elemen masyarakat di wilayah Korem 172/PWY, bertempat di Lapangan Makorem 172/PWY, Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (12/11/2022).

Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Korem 172/PWY bersama dengan Kepolisian dan Pemerintah Kab. Pegunungan Bintang sedang berupaya untuk mengembalikan masyarakat Kiwirok ke kampungnya. Dimana masyarakat telah keluar dari Distrik Kiwirok selama satu tahun dua bulan akibat konflik yang terjadi di distrik tersebut.

“Jadi kita berupaya mengembalikan masyarakat Kiwirok yang saat ini berada di Distrik Oksibil dan daerah lainnya ke kampungnya. Bekerjasama dengan Kepolisian dan juga Pemda Pegunungan Bintang,” katanya.

Pihaknya berharap semoga pada natal nanti masyarakat sudah ada yang kembali dan merayakan natal di distrik Kiwirok.

“Tentunya itu bukan hal yang mudah, tetapi kalau kita tidak memulai ini tidak akan berubah dan akan begitu-begitu saja. Dengan segala keterbatasan yang kita miliki baik TNI, Kepolisian dan Pemda, tentunya kita berharap ada bantuan dari Pemerintah Provinsi dan instansi lainnya sehingga ini bisa bisa terlaksana dengan baik,” ujar Danrem.

Terkait Hut Ke-59 Korem 172/PWY, Danrem berharap kepada seluruh prajurit Korem 172/PWY untuk tetap memegang teguh sapta marga dan sumpah prajurit.

“Dimanapun kita mengabdi kita harus berkarya tanpa membedakan agama, suku dan ras. Korem 172/PWY memiliki tagline kenali, datangi dan layani dengan motto mengobati, menyembuhkan luka, mengubur dendam dan memperkuat kohesi. Dan ini akan kita lakukan terus menerus semoga dengan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, kita dapat menjaga kedamaian di Tanah Papua,” tuturnya.

Danrem turut mengucapkan terima kasih kepda Pemerintah Provinsi Papua, Kota, Kabupaten, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan komponen masyarakat lainnya serta sahabat-sahabat Korem 172/PWY yang telah mensupport dan mendukung dalam pelaksanaan tugas Korem 172/PWY selama ini.

Pada kegiatan ini, Danrem 172/PWY dengan didampingi oleh Ketua Persit KCK Koorcab Rem 172 Ny. Ayu J.O Sembiring secara simbolis meresmikan salah satu usaha Bang Pace. Dimana Bang Pace tersebut bergerak dalam bidang usaha kuliner dengan menjajakan berbagai produk dari Persit KCK Koorcab Rem 172 dan produk UMKM dari mama-mama Papua yang telah membangun usaha setelah mendapat Bimtek dari Program Gebyar Mama Papua Mampu Korem 172/PWY.

“Bang Pace ini hadir dan dikelola oleh Persit Korem 172/PWY dengan produk utama yaitu Abon Gulung dan Kue Bolen. Untuk produk lainnya merupakan Produk dari Mama-mama Papua yang telah kita beri Bimtek sebelumnya sehingga rasa dari produk mama-mama Papua ini tidak kalah dengan produk yang ada di pasaran saat ini,” katanya.

“Bang Pace ini juga kita kemas dan kami jadikan sebagai oleh-oleh bagi para tamu. Silahkan bagi instansi lain yang ingin memesan untuk oleh-oleh akan kami layani. Bang Pace juga hadir sebagai bentuk dari komitmen Korem 172/PWY untuk membantu peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi mama-mama Papua,” pungkasnya.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 59 tahun pengabdian Korem 172/PWY telah menunjukkan kinerjanya yang baik disertai dengan dedikasi yang tinggi sehingga secara keseluruhan wilayah Korem 172/PWY ini dapat menciptakan situasi yang kondusif dan aman.

“Keberhasilan tersebut hendaknya dapat dijadikan pemicu dalam meningkatkan prestasi kinerja di masa yang akan datang dengan prinsip hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Oleh karenanya, saya mengharapkan kepada warga korem 172/PWY agar senantiasa meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan tingkatkan kerjasama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat maupun instansi lain,” kata Pangdam dalam amanat tertulisnya.

Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta segenap warga masyarakat atas kerjasama dan partisipasi yang telah diberikan kepada Korem 172/PWY.

“Saya berharap agar kekompakan dan kebersamaan yang telah terbina selama ini, dapat terus dipupuk dan semakin ditingkatkan di masa-masa mendatang,” harap Pangdam.

Pada acara tersebut juga, Danrem memberikan penghargaan kepada Personel Babinsa terbaik dari setiap satuan jajaran Korem 172/PWY dan Satgas Pamwiltasrat RI-PNG dari Yonif 132/BS yang telah berhasil mendapatkan ganja secara sukarela dari masyarakat serta pemberian tali asih kepada warakawuri.