Peduli Lingkungan, Pramuka “Grebek Sampah” Di Kota Jayapura

Jayapura, Penkogab3 – Puluhan pelajar berseragam pramuka sigap memungut sampah di dua lokasi yang berbeda di Kota Jayapura, Papua, pada Minggu (4/2). Mereka tergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika Korem 172/PWY, Kodam XVII/Cenderawasih yang sedang melaksanakan kegiatan Persami.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari kegiatan Persami yang digelar oleh Korem 172/PWY Kodam XVII/Cenderawasih sebagai wujud pembinaan kepada generasi muda yang peduli dengan lingkungan.

Kasiter Kasrem 172/PWY Kolonel Arh Samujiyo selaku Ketua Harian Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Pangkalam Korem 172/PWY mengatakan, kegiatan persami saat ini juga menitikberatkan pada pembinaan generasi muda memiliki kepedulian terhadap kelestarian Alam dan lingkungan.

“Kegiatan grebek sampah dilaksanakan di dua lokasi yaitu terminal Expo Waena dan di Sungai Anafre Kota Jayapura. Kemarin saat pembukaan mereka juga telah menanam pohon sebanyak seribu pohon di Buper bersama dengan Pangdam XVII/Cenderawasih,” ujarnya.

Kasiter menuturkan bahwa kegiatan ini sesuai dengan yang disampaikan oleh KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat membuka kegiatan persami secara terpusat kemarin di Kab. Sumedang Provinsi Jawa Barat.

“Kegiatan Persami kedepan akan dievaluasi agar dilaksanakan secara aktif dan lebih efektif lagi dan betul-betul membekali para pemuda khususnya anggota pramuka dengan sebaik-baiknya,” ungkap Kasiter mengutip pesan KASAD.

Melihat semangat yang mereka tunjukan, Kasiter berharap kegiatan seperti ini dapat terus tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah, khususnya di Papua.

“Kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Jika tidak ingin membersihkan, minimal jangan membuang sampah disembarang tempat,” harap Kasiter.