Taklimat Awal Audit Internal Kinerja Subsatker Kogabwilhan III T.A 2022

Jakarta, Penkogab3 – Dalam rangka menilai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan Program Kerja dan Anggaran serta kegiatan yang dilaksanakan Sub Satker di lingkungan Kogabwilhan III telah terlaksana sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis (2K3E), maka dilaksanakan kegiatan Taklimat Awal Audit Kinerja Subsatker Kogabwilhan III oleh Itkogabwilhan III, bertempat di Ruang Rapat Kogabwilhan III, Kompleks Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (27/6/2022).

Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoamn Cantiasa, S,E, M.Tr.(Han) dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kaskogabwilhan III Laksda TNI Maman Firmansyah mengatakan bahwa  kegiatan Audit Internal tersebut akan memberikan keyakinan, keandalan dan keabsahan informasi dalam pelaksanaan kegiatan Program Kerja dan Anggaran. Hal ini dilaksanakan agar kegiatan dari tahap perencanaan sampai dengan pelaporan dan evaluasi dapat lebih berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Salah satu sasaran audit adalah Terwujudkan tertib penyelenggaraan dan  administrasi program, kegiatan dan anggaran yang diukur dengan adanya perencanaan, persiapan, adanya data dukung, laporan kegiatan, administrasi pertanggungjawaban keuangan dan evaluasi kegiatan.

“Kepada Para Perwira Staf dan Sub Satker lainnya saya perintahkan agar mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Siapkan data-data yang diperlukan serta berikan keterangan kepada Tim Audit Kinerja It Kogabwilhan III selama melaksanakan audit, karena pada dasarnya Tim Audit Kinerja It Kogabwilhan III adalah Mitra kerja yang berfungsi sebagai konsultan untuk memberikan solusi permasalahan di Subsatker masing-masing,” ungkap Letjen I Nyoma Cantiasa.

Sementara itu Inspektur Kogabwilhan III Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, S.E., M.Si, dalam pemberian Taklimat Awal mengatakan,  Tugas Inspektorat Kogabwilhan III adalah membantu Pangkogabwilhan III dalam menyelenggarakan Fungsi Pengawasan dan Pemeriksaan terhadap daya guna, hasil guna, tertib hukum dan tertib tindak di bidang pembinaan kesiapsiagaan, penggunaan dan pembangunan kekuatan serta perbendaharaan di lingkungan Kogabwilhan III dalam rangka mendukung tugas pokok. Sesuai prinsip pengelolaan anggaran dinyatakan bahwa setiap penggunaan anggaran harus benar-benar tepat guna, tepat sasaran dan tepat waktu serta harus memenuhi kriteria “ 2K & 3E “, yaitu Ketertiban, Kepatuhan, Ekonomis, Efektif dan Efisien.

“Saya memberikan perhatian khusus bahwa fungsi pengawasan dan pemeriksaan harus dilaksanakan sungguh-sungguh dengan tujuan untuk pembinaan dalam rangka pembenahan yang intinya disamping mendapatkan temuan ada kewajiban dari Tim Audit Kinerja It Kogabwilhan III untuk memberikan solusi terhadap temuan yang ada guna perbaikan tata kelola administrasi dan perbendaharaan,” ujar Irkogabwilhan III.  

Pada tahun 2021 Kogabwilhan III penyandang Juara I Indikator Pelaksanaan Anggaran (IKPA) di Timika, diharapkan adanya peningkatan kinerja yang lebih baik, bersih, tertib dan transparan di Sub Satker Kogabwilhan III, sehingga pada pelaksanaan audit yang akan datang baik internal maupun eksternal dapat meningkat kearah yang lebih baik.

“Audit Kinerja Kogabwilhan III TA. 2022 dititikberatkan pada aspek kinerja dan pertanggungjawaban keuangan serta perbendaharaan. Saya berharap Audit Kinerja tahun ini sudah tidak ditemukan lagi temuan yang berulang.  Dengan adanya temuan berulang, berarti tidak ada upaya untuk memperbaiki kesalahan serta memperlihatkan ketidaksungguhan para pejabat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatan yang dipercayakan, yang pada akhirnya akan merugikan organisasi Kogabwilhan III,” pungkasnya.